PENGERTIAN AKUNTANSI SYARIAH

Standar

Akuntansi Syariah terdiri dari dua kata yaitu akuntansi dan syariah, oleh sebab itu dibawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari akuntansi dan syariah.

 

A.    Pengertian Akuntansi

Akuntansi pada hakikatnya adalah system informasi, penentuan laba, pencatatan transaksi, yang sekaligus pertanggung jawaban.(accountability). Definisi dari Akuntansi adalah identifikasi transaksi yang kemudian diikuti dengan kegiatan pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran transaksi tersebut sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Adapun pengertian akuntansi dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

a.       Muhasabah

Kata muhasabah tidak pernah ada dalam Al-Qur’an dalam bentuk masdar atau akar kata (muhasabah) tetapi yang ada hanyalah kata kerjanya yaitu hasaba, yaitu seperti firman Allah :

 

 Dan jika kamu melahirkan apa yang ada didalam hatimu ataui menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu”. Qs Al-Baqarah :284

 

Yang dimaksud dengan kata yuhaasibkum pada ayat tersebut yaitu perhitungan dihari kiamat kelak tentang pekerjaan manusia didunia, apakah itu kebaikan atau keburukan.

Kata hasaba, muhasabah, hisaba berarti perhitungan dan pembalasan, baik di dunia maupun di akhirat, sesuai dengan data-data dan catatan dalm buku amalan.

b.      Hisab

 Hisab dengan arti “perhitungan dan pendataan” seperti pada firman Allah dalam Qs. Yunus :5

…ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).

Yang dimaksud dengan kata al-hisab dalam ayat ini adalah”perhitungan dan pendataan waktu”.

 

 Hisab dengan arti “perhitungan dan pembalasan” seperti pada firman Allah

Dalam Qs. An-Nuur:39

“Dan didapatinya ketetapan Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungannya.”

Arti kata al-hisab dalam ayat itu adalah “perhitungan dan pembalasan” dihadapan Allah maupun dengan perantara ulil amri(pemimpin).

 

Hisab dengan arti”menanyai seseorang dengan mendebatnya di hari kiamat tentang perbuatannya didunia”  dam Qs. Ibrahim 41:

Ya tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab(hari kiamat).”

Arti kata al-hisab dalam ayat ini ialah “hari perhitungan, Tanya jawab dan pembalasan’

 

 Hisab dengan berarti “berinfak dan member secara mutlak tanpa sebab dan syarat”

Arti dari kata hisab dalam ayat  dalam Qs. Al Baqarah 212 adalah merasa cukup dengan karunia dan kelapangan rahmat, pemberian tanpa pujian, katan, serta tekanan.

c.       Al-Muhasib

Hasib artinya “pengawas” dalam Qs An nisa :6

 Hisab dengan arti hafiz(yang menjaga) dalam Qs. An nisa:86

 Hisab dengan arti muhasib (yang menghitung) Qs. Al-Israa: 14

d.      Hasibin

Hasibin artinya “menghitung” Qs Al-anam 62

 

Pengertian Muhasabah dalam konsep Islam

Muhasabah dengan arti pendataan, pembukuan, dan semakna dengan muasallah (perhitungan), perdebatan serta penentuan imbalan atau balasan seperti yang diterapkan dalam lembaga-lembaga Negara, baitu mal, Undang-undang wakaf, mudharabah dan serikat-serikat kerja.

 

B.     Pengertian Syariah

Definisi Syariah adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWt untuk dipatuhi oleh manusia dalam menjalani segala aktivitas hidupnya di dunia. Jadi akuntansi syariah dapat diartikan  sebagai proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Dan pengertian Akuntansi Syariah adalah proses akuntansi atas transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah diterapkan Allah SWT. Akuntansi syariah diperlukan untuk mendukung kegiatan yang harus dilakukan sesuai syariah, karena tidak mungkin dapat menerapkan akuntansi yang sesuai dengan syariah jika transaksi yang akan dicatat oleh proses akuntansi tersebut tidak sesuai dengan syariah. Untuk lebih mudah memahami akuntansi syariah, dibutuhkan pemahaman yang benar mengenai Islam berikut subtansi kehidupan manusia di dunia  menurut Islam serta ruang lingkup atau dasar-dasar Islam, yaitu: akidah, syariah, dan akhlak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s