Penyerapan Anggaran Belanja Pemerintah

Standar

Tahun 2012 segera berakhir, berbagai evaluasi mengenai kinerja pemerintah selama setahun ini perlu dilkukan untuk mengetahui apakah kinerja pemerintah telah efektif dan efisien. Namun, sampai saat ini diketahui bahwa penyerapan anggaran pemerintah tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Banyak faktor  yang menyebabkan tidak terealisasinya target penyerapan anggaran oleh kementrian dan lembaga.  Faktor-faktor tersebut antara lain proses perencanaan dan ketepatan waktu pelaksanaan proyek, proses pencairan anggaran, dan juga berbagai program yang sebenarnya dari tahun ke tahun sulit terealisasi namun tetap dianggarkan.

Agar penyerapan anggaran bisa berjalan dengan baik, seharusnya pemerintah membuat jadwal pelaksanaan proyek pembangunan jauh hari sebelum tahun anggaran. Selain pelaksanaan proyek pembangunan yang harus dilaksanakan sesuai jadwal, seharusnya kementrian dan lembaga mempersiapkan seluruh persyaratan dokumen proyek yang diminta agar pencairan dana dapat segera teralisasi sehingga tidak mengulur waktu yang ada. Jika sampai akhir tahun masih ada sisa anggaran yang belum terpakai, biasanya banyak departemen yang menggunakan sisa dana tersebut bukan untuk belanja modal melainkan untuk belanja pegawai dan belanja sosial. Jika anggaran lebih banyak digunakan untuk belanja pegawai dan belanja sosial, maka rakyatlah yang dirugikan. Seharusnya dana tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, namun pada kenyataannya dana tersebut digunakan untuk menumpuk kekayaan instansi pemerintah saja.

Dalam pengadaan barang modal, birokrasi menjadi kendala yang utama. Setiap perusahaan yang mengikuti tender harus melewati proses yang panjang untuk memenangkan tender tersebut. Dan sayangnya biasanya penentuan pemenang tender ditentukan oleh besar kecilnya upeti yang diberikan dari perusahaan yang bersangkutan. Lagi-lagi kepentingan rakyat dinomor duakan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s