Meraup Untung Sekaligus Melestarikan Lingkungan

Standar

Setiap tahun hutan di Indonesia semakin menyusut jumlahnya. Hutan-hutan ini telah beralih fungsi menjadi kawasan perumahan, perkebunan, pertambangan bahkan ada yang ditelantarkan begitu saja. Dengan berkurangnya jumlah hutan, hal ini akan merusak kesimbangan ekosistem yang ada. Selain itu penyusutan hutan menyebabkan berkurangnya persediaan oksigen, lapisan ozon pun semakin menipis, hal ini diperburuk lagi dengan adanya berbagai macam polusi. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melindungi hutan yang ada, mulai dari larangan penebangan liar, penanaman sejuta pohon, penyuluhan kepada masyarakat, dan berbagai iklan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan.

Menanam pohon bisa dijadikan suatu usaha, selain bernilai ekonomis, dengan menanam pohon secara tidak langsung ikut serta dalam upaya penghijauan. Ada beberapa pohon yang bisa dijadikan alternatife untuk industri kayu, antara lain jabon, jati, meranti, albasia, dan lain-lain. Cara penanaman dan perawatan pohon pun cukup mudah. Beberapa pohon sudah ada yang bisa dipanen saat usia 5 tahun, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun.

Nilai investasi dari pohon juga hampir sama seperti emas, harganya akan terus naik. Banyak industri-industri yang membutuhkan kayu. Seorang petani kayu bisa meraup untung sampai Rp 300juta untuk setiap 1 hektar tanaman pohon. Biaya yang dikeluarkan pun cukup murah, cukup sediakan lahan, bibit pohon, dan pupuk. Menanam pohon memang membutuhkan kesabaran, karena hasilnya baru bisa dituai dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tetapi jika dilihat dari segi keuntungan, penantian tersebut akan terbayar dengan hasil yang akan diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s