Menanti Kenaikan Harga BBM

Standar

Dana anggaran pemerintah selama ini sebagian besar digunakan untuk mensubsidi BBM. Akhir-akhir ini terdengar kabar bahwa pemerintah akan mengurangi subsidi BBM ini, dengan kata lain harga BBM akan dinaikan. Pasti akan ada banyak pro dan kontra mengenai keputusan ini.

Tidak tersalurkannya BBM bersubsidi ke tangan yang memang seharusnya merupakan faktor utama yang memicu untuk menaikkan harga BBM. Harga BBM di pulau Jawa berbeda jauh dengan harga BBM di pulau Kalimantan. Di sana harga BBM mencapai 25ribu-30ribu per liter, sedangkan di pulau Jawa hanya 4,500 per liter. Ketimpangan pendistribusian BBM bersubsidi ini membuat beberapa pakar ekonomi mengusulkan agar BBM bersubsidi dihapuskan saja. Mereka berpendapat bahwa selama ini BBM bersubsidi justru dinikmati oleh kalangan yang mampu, sedangkan masyarakat yang sebenarnya berhak memperolehnya justru tidak dapat menikmati BBM bersubsidi ini.

Selain kurang tepat sasaran, BBM bersubsidi ini juga sering diselundupkan untuk dijual di luar Indonesia karena harga di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan negara-negara tetangga. Walhasil yang menikmati BBM bukanlah rakyat Indonesia melainkan negara lain.

Keputusan untuk menentukan harga BBM haruslah dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat inflasi yang akan terjadi. Dengan kenaikan harga BBM sudah dapat dipastikan harga-harga kebutuhan yang lain akan ikut naik. Dan pastinya banyak masyarakat yang akan menentang hal ini. Tetapi kenaikan harga BBM sepertinya tidak bisa dihindarkan, melihat  besarnya subsidi energi dalam APBN 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s