Pengangguran Semakin Meningkat

Standar

Seperti yang kita ketahui, saat ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Susahnya mencari lapangan pekerjaan membuat semakin banyaknya pengangguran yang ada. Setiap tahun sekolah-sekolah meluluskan para siswanya, sedangkan para lulusan ini tidak bisa diserap seluruhnya oleh dunia kerja. Akibatnya para lulusan harus saling berkompetisi dengan lulusan-lulusan dari tahun-tahun yang sebelumnya dan persaingan pun berajalan semakin ketat.  

Para pencari kerja yang tidak mempunyai ketrampilan sudah pasti akan kalah bersaing dengan pencari kerja yang memiliki ketrampilan. Oleh karena itu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengharapkan sejak awal perguruan tinggi harus mampu mendesain profesi bagi para alumninya. Sejak semester pertama mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi harus mampu mengukur profesi sehingga setelah tamat mereka sudah langsung siap bekerja.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan untuk menciptakan tenaga kerja yang siap terjun langsung ke dunia kerja. Mereka harus dibekali berbagai keahlian dan ketrampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja saat ini. Untuk menciptakan tenaga-tenaga ahli tersebut dapat melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Peningkatan kualitas SDM juga bisa ditempuh dengan pembangunan sistem pendidikan untuk mengarahkan produktivitas sumber daya manusia sehingga lulusannya siap bekerja dan menjadi tenaga kerja andal. Dari suatu hasil penelitian, sistem pendidikan di Indonesia menempati peringkat terbawah di dunia. Hal ini perlu dijadikan PR bagi pemerintah, terutama Departemen Pendidikan untuk segera memperbaikinya.

Untuk mengatasi pengangguran, hal yang tak kalah pentingnya adalah pengembangan kewirausahaan. Menurut teori, suatu bangsa bisa maju jika terdapat 2,5% penduduknya mempunyai semangat wirausaha. Sedangkan bangsa kita masih berada jauh dibawahnya. Dengan adanya banyak wirausaha maka semakin banyak lapangan kerja yang tersedia, tenaga kerjapun semakin banyak yang dapat diserap. Jika tenaga kerja banyak yang terserap, pengangguran berkurang, maka tingkat kesejahteraan masyarakatpun ikut terangkat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s