Melemahnya Ekonomi Jepang

Standar

Persengketaan yang terjadi antara China-Jepang ikut mempengaruhi melemahnya perekonomian Jepang. Pesengketaan yang terjadi mengakibatkan menurunnya tingkat produksi pabrik-pabrik Jepang di China. Hal ini hasil dari aksi boikot konsumen China terhadap brand Jepang, akibatnya neraca ekspor negara ini melemah.

Menurunnya perekonomian Jepang selain akibat dari persengketaan dengan China, hal ini juga disebabkan oleh bencana alam dan tsunami pada tahun lalu, juga akibat melemahnya ekonomi di Eropa, pasar ekspor utama dan juga menguatnya yen. Menguatnya yen membuat produk-produk ekspor kurang bersaing di luar negeri, sehingga memperlemah nilai dari pendapatan luar negerinya.

Industri elektronika Jepang pun yang begitu berjaya, pelan-pelan mengalami kemunduran. Beberapa bulan lalu, Sony diikuti Panasonic dan Sharp mengumumkan angka kerugian trilyunan rupiah. Harga saham mereka merosot drastis. Sanyo bahkan harus rela menjual dirinya lantaran sudah hampir kolaps. Serbuan produk-produk dari negara lain membuat industri elektronika Jepang kuwalahan. Apalagi serbuan produk-produk Samsung dan LG yang merupakan industri elektronika dari Korea yang selalu menjadi pesaing mereka di mana-mana. Begitu pula dengan China yang ikut membanjiri pasaran elektronika dunia dengan harga yang amat murah. Nampaknya Jepang harus berusaha keras untuk memulihkan perekonomian mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s