Tata Cara Pembutan Paspor

Standar

Berwisata ke luar negeri saat ini bukanlah hal yang sulit, cukup sediakan paspor dan tentu saja uang yang cukup untuk jalan-jalan anda bisa mudah berkeliling ke negara-negara Asia Tenggara. Apalagi sekarang kita tidak perlu membayar pajak jika ingin berpergian ke luar negeri, cukup dengan memiliki NPWP maka kita tidak perlu membayarnya.

Banyak calo yang menawarkan jasa pembuatan paspor, harganya pun bervariatif mulai dari 700ribu sampai di atas 1juta. Sebenarnya biaya untuk membuat paspor cukup murah dan prosesnya pun mudah, hanya saja kebanyakan orang memilih menggunakan jasa calo karena tidak memiliki waktu luang. Tetapi jika ingin membuat paspor tanpa melalui calo, cukup datang saja ke kantor imigrasi dan mengikuti prosedur yang ada.

Pertama, pemohon atau yang diberi kuasa membeli dan mengisi formulir permohonan paspor yang dijual di koperasi kantor imigrasi. Isi formulir tersebut sesuai dengan kolom yang ditentukan.   Selanjutnya permohonan paspor diajukan kepada petugas loket pada Kantor Imigrasi oleh pemohon atau yang diberi kuasa disertai  persyaratan yang telah ditentukan.

Petugas loket memeriksa kebenaran persyaratan asli yang dibawa oleh pemohon atau yang diberi kuasa. Dan selanjutnya melakukan pemindaian dokumen, memeriksa hasil pemindaian, serta memeriksa daftar pencegahan. Petugas loket menolak permohonan dan memberikan bukti penolakan, apabila ditemukan rincian biodata pemohon sama dengan daftar pencegahan. Tetapi petugas loket memberikan tanda terima kepada pemohon yang telah memenuhi persayaratan dan namanya tidak  tercantum dalam daftar pencegahan.

Pada hari yang ditentukan, pemohon menuju ke loket Bendahara Penerima untuk melakukan proses pembayaran. Setelah menerima pembayaran, Bendahara Penerima memasukkan nomor perforasi paspor dan mencetak serta memberikan tanda terima pembayaran kepada pemohon.

Selanjutnya pemohon menunggu panggilan untuk proses pengambilan foto wajah dan sidik jari sesuai nomor antrian yang tertera dalam slip antrian. Pemohon wajib datang pada saat pengambilan foto wajah dan sidik jari. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari, pemohon menunggu panggilan lagi untuk proses wawancara. Pemohon wajib datang dengan menunjukkan dokumen asli sebagai persyaratan pada saat proses wawancara. Petugas wawancara melakukan penelitian tentang kelengkapan dokumen persyaratan asli, mencetak biodata pemohon, dan  selanjutnya pemohon menandatangani hasil pencetakan dan blangko paspor.  Petugas wawancara dapat menangguhkan proses selanjutnya apabila pada hasil penelitian ditemukan kecurigaan tentang identitas dan jati diri pemohon untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan apabila hasil penelitian lanjutan terbukti  adanya pelanggaran keimigrasian maka permohonannya dapat ditolak.

Setelah proses wawancara selesai dan dinyatakan memenuhi persyaratan, pemohon dipersilahkan kembali lagi untuk mengambil paspor dalam waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya berkas permohonan diteruskan kepada petugas pencetakan untuk melakukan pencetakan halaman biodata pemohon dan halaman catatan resmi /official notes serta halaman pengesahan/endorsements (jika diperlukan) dan melakukan laminasi blangko paspor dan selanjutnya melakukan uji kualitas pencetakan dan laminasi. Kepala Bidang / Kepala Seksi yang berwenang membubuhkan paraf pada paspor dan selanjutnya Kepala Kantor Imigrasi menandatangani  paspor dan menyerahkan kembali kepada Petugas Imigrasi untuk dilakukan peneraan cap  dinas dan pemindaian halaman tanda tangan Kepala Kantor.

Petugas Loket menyerahkan paspor kepada pemohon atau yang diberi kuasa, kemudian pemohon atau yang diberi kuasa menandatangani tanda bukti penerimaan paspor pada kolom penerimaan pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Waktu penyelesaian permohonan paspor paling lama 4 (empat) hari kerja setelah proses wawancara.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s