Buruh dan Kelangsungan Perusahaan

Standar

Demo buruh akhir-akhir ini marak terjadi, seperti biasa para buruh memperjuangkan nasib mereka dengan menuntut kenaikan upah dan dihapuskannya sistem outsourcing. Mereka juga memperjuangkan hak-hak sebagai pekerja yang masih diabaikan, mulai dari hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, perumahan yang layak hingga jaminan hari tua.

Memang dengan adanya inflasi, nilai uang saat ini semakin tidak berarti. Harga-harga sembako terus naik, sedangkan kenaikan ini tidak sebanding dengan kenaikan upah mereka. Kesenjangan sosial di Indonesia memang tinggi, seolah-olah peredaran uang hanya berada di kalangan tertentu saja. Mungkin salah satu jalan untuk mengatasi kesenjangan sosial ini adalah demonstrasi yang dilakukan oleh buruh untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Tuntutan kenaikan upah para buruh memang suatu pilihan yang sulit, di satu sisi kenaikan UMK akan menaikan juga tingkat kesejahteraan buruh, tetapi di sisi lain jika perusahaan tidak mampu membayar upah mereka, tentunya perusahaan akan mengambil langkah untuk efisiensi biaya. Dan salah satu jalan yang biasa ditempuh adalah dengan pemangkasan biaya tenaga kerja. Atau bahkan hal yang terburuk adalah perusahaan mengalami gulung tikar, dan seluruh karyawan harus dirumahkan. Bagi pengusaha, sebagaimana diungkapkan Ketua Umum Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Sofjan Wanandi, persoalan mereka bukan hanya pada besaran upah, tetapi juga meliputi berbagai hal mulai ketidakpastian hukum, birokrasi yang rumit hingga persaingan dengan perusahaan asing yang kini produknya membanjiri pasar dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s