Manfaatkan Potensi Sampah

Standar

Manusia hidup tak akan lepas dari sampah, setiap hari, setiap manusia pasti menghasilkan sampah. Sampah akan terus bertambah setiap saat. Bagaimana jadinya jika dunia ini telah penuh oleh sampah? Apakah kita bisa hidup berdampingan dengan tumpukan sampah? Hal ini akan menjadi ancaman serius untuk keberlangsungan hidup manusia.

Kementerian Lingkungan hidup mencatat rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 2,5 liter sampah per hari atau 625 juta liter dari jumlah total penduduk. Kondisi ini akan terus bertambah sesuai dengan kondisi lingkungannya. Lalu mau dikemanakan sampah-sampah tersebut?

Kementerian Pekerjaan Umum akan membangun 70 tempat pembuangan akhir tahun depan, terkait dengan target rencana strategis 2010-2014 membangun dan merevitalisasi 210 TPA di seluruh Indonesia. Namun, pembangunan TPA ini bukanlah suatu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah sampah untuk jangka panjang. Kalau sampah hanya ditumpuk terus menerus, maka semakin lama TPA yang tersedia akan dipenuhi oleh gunungan sampah, dan pastinya kebutuhan akan TPA baru akan terus meningkat.

Alangkah baiknya mulai sekarang digalakan gerakan untuk pemanfaatan potensi sampah untuk hidup yang lebih baik. Hal ini harus dimulai sedini mungkin, mulai dari diri sendiri. Dibutuhkan kesadaran pribadi untuk mengurangi dampak negatif penumpukan sampah. Marilah dimulai dari hal terkecil seperti pengurangan volume sampah, pemanfaatan sampah menjadi barang yang masih bisa digunakan, pengolahan sampah lebih lanjut sehingga meningkatkan nilai ekonomi sampah.

Peran pemerintah juga diperlukan dalam pemanfaatan potensi sampah seperti yang telah diterapkan di TPA Puuwatu. TPA ini telah sukses mengolah sampah sehingga menghasilkan ekstraksi energi nonfosil berbentuk gas bio ramah lingkungan, yang dapat mereduksi potensi emisi gas rumah kaca dari sampah. Selain itu, air lindi yang dihasilkan dari proses lahan urug juga dapat diresirkulasikan kembali ke dalam lahan urug, dan dapat dimanfaatkan sebagai kompos cair.

Pemerintah berencana akan mendesign TPA yang baru agar dapat menghasilkan tenaga listrik. Meskipun tidak besar, kapasitasnya diharapkan dapat membantu proses pengolahan sampah itu sendiri. Tentu saja hal ini akan sangat membantu dalam menangani masalah sampah yang jika tidak ditangani akan berdampak buruk dalam jangka panjang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s