Kendala Pembangunan di luar Pulau Jawa

Standar

Pembangunan  Indonesia selama ini hanya terpusat di pulau Jawa, sedangkan pulau-pulau yang lain jauh tertinggal. Pulau Jawa yang sudah padat akan penduduk, tiap tahun mengalami kenaikan. Bisa dikatakan bahwa urat nadi pembangunan di Indonesia ada di pulau Jawa. Hal ini memang memprihatinkan, pulau Jawa tidak pernah berhenti membangun sedangkan pulau-pulau yang lain tidak ada yang mengelolanya.

Salah satu yang menjadi kendalanya adalah minimnya infrastruktur, sehingga mempersulit mobilitas arus barang dan jasa, penduduk, modal dan informasi antarwilayah. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) Hendra Lesmana, pemerintah mendorong pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa, namun terkendala infrastruktur yang minim, mulai dari pelabuhan, jalan, hingga birokrasi. Selain infrastruktur yang minim, ketersediaan jaringan listrik yang belum bisa dinikmati oleh seluruh wilayah Indonesia pun menjadi penghambat pembangunan.

Pembebasan lahan juga menjadi kendala dalam pembangunan, persoalannya antara lain berkaitan dengan masyarakat, status lahan, dan tata ruang. Semakin besar lahan yang dibutuhkan, maka semakin lama juga proses yang dibutuhkan untuk dapat mengelola lahan tersebut. Harus ada kesepakatan antara pemilik lahan, masyarakat sekitar, lembaga masyarakat yang ada, dengan para investor. Berdasarkan data dari Bappenas, terdapat 13 proyek subtransportasi yang akan dilaksanakan tahun ini. Namun, ternyata lima diantaranya dipastikan tertunda karena masalah pembebasan lahan.

Kualitas sumber daya manusia turut mempengaruhi maju tidaknya pembangunan suatu daerah. Melalui pendidikan seseorang akan mampu meningkatkan kesejahteraannya. Dengan meningkatnya kualitas manusia, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat dan membaik secara merata di seluruh wilayah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s