Alat Transportasi Apa yang Cocok untuk Ibu Kota?

Standar

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta yang baru akan melanjutkan rencana pembangunan MRT yang sejak tahun 2008 terbengkalai. Jika pembangunan proyek MRT akan tetap dilaksanakan, semoga saja kali ini tidak akan menjadi proyek yang hanya membuang-buang anggaran dana pemerintah seperti tahun lalu.

Memang suatu pilihan yang sulit untuk memilih melanjutkan proyek ini atau tidak. Karena proyek ini akan menghabiskan dana yang tidak sedikit,yaitu sekitar Rp1,5 triliun. Di lain pihak masyarakat ibu kota menginginkan adanya suatu moda transportasi massal yang nyaman, konsisten, dan dapat diandalkan. Seperti yang diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana, bahwa Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia mutlak memiliki sistem transportasi massal untuk mendukung pergerakan manusia secara cepat dan efektif. Dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin baik, serta pembangunan yang makin meningkat, sudah saatnya dan mutlak Jakarta memiliki sistem transportasi massal yang memiliki daya dukung dan daya gerak terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial, kata Armida. 

Jika ibu kota telah memiliki sistem tarnsportasi massal yang bisa diandalkan, bukan hanya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial tetapi juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk menghadapi masalah kemacetan yang sampai saat ini masih belum bisa terpecahkan. Orang akan lebih memilih menggunakan transportasi umum dari pada menggunakan kendaraan pribadi jika transportasi tersebut dikelola dengan baik. Jika hal ini terjadi, maka jumlah kendaraan yang lalu lalang di ibu kota akan berkurang sehingga kemacetan bisa dihindari, dan pemerintah pun bisa menghemat dana APBNyang sebagian besar digunakan untuk subsidi BBM. Sedangkan selama ini subsidi BBM sebagian besar dinikmati oleh kendaraan pribadi.

Ini merupakan tugas yang berat bagi Gubernur DKI Jakarta yang baru untuk menentukan nasib ibu kota lima tahun ke depan. Semoga saja apapun langkah yang diambil merupakan langkah yang terbaik bagi masyarakat ibu kota yang bukan hanya menguntungkan bagi segelintir orang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s