Azas Kemanusiaan Koperasi

Standar

Pada dasarnya prinsip koperasi berdasarkan pada kemanusiaan. Koperasi berusaha mensejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya. Hal ini memang sedikit berbeda dengan prinsip ekonomi yang ingin memenuhi kebutuhannya dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dalam prinsip ekonomi tidak diajarkan azas kemanusiaan.

Salah satu keunggulan koperasi adalah prinsip-prinsip nya yang memperhatikan juga kepentingan masyarakat, bukan hanya memikirkan kepentingan pribadi. Mungkin karena alasan ini koperasi bisa terus ada sampai saat ini. Koperasi tercipta karena adanya keprihatinan terhadap nasib orang-orang yang berada pada garis kemiskinan.

Bagi orang-orang yang hanya memikirkan kepentingannya sendiri, prinsip koperasi pasti tidak sejalan dengan prinsip ekonomi yang mereka jalankan. Apalagi saat ini rasa kemanusiaan sebagian besar orang semakin kecil. Namun prinsip ekonomi akan sangat membantu bagi mereka yang perekonomiannya lemah. Semoga saja koperasi akan semakin berkembang sehingga rasa kemanusiaan juga akan semakin tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s