Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) JASA

Standar

Koperasi ini merupakan salah satu koperasi terbaik di Indonesia. Selama tahun 1997-2008 Kospin Jasa telah mempunyai asset sebesar Rp 1,24 triliun dengan 73 kantor cabang. Koperasi ini juga merupakan koperasi pertama yang mengeluarkan kartu ATM dengan lebih dari 25 ribu jaringan. Koperasi Simpan Pinjam Jasa dididirikan oleh para pengusaha kecil dan menengah pada dekade 1970-an yang memberi solusi dalam mengatasi kesulitan untuk mendapatkan bantuan permodalan, karena pada umumnya mereka mengelola usahanya secara tradisional.
Keberhasilan koperasi dapat didekati dari dua sudut, yaitu sudut perusahaan dan sudut efek koperasi dan kriteria ini telah dipenuhi oleh Kospin JASA.

Pendekatan dari sudut perusahaana

1. Peningkatan anggota perorangan
Usaha Koperasi Simpan Pinjam Jasa selalu berkembang sejalan dengan perkembangan usaha anggota. Hal ini tidak lepas dari sistem penerimaan anggota yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif dalam menunjang segala usaha Koperasi.
2. Peningkatan modal
Pada Kospin JASA dapat dilihat bahwa setiap tahun asset dari koperasi ini mengalami peningkatan. Asset yang semula hanya sebesar Rp 82 juta (1997) telah berkembang menjadi Rp 1,24 triliun (2008).
3. Peningkatan volume usaha
Sampai saat ini Kospin JASA telah memiliki 73 kantor cabang, hal ini untuk memenuhi volume usaha.
4. Peningkatan pelayanan kepada anggota dan masyarakat
Kospin JASA mendekatkan lokasi layanan pada sentra-sentra perdagangan para anggota, mengutamakan ketepatan dan kecepatan layanan, performance perkantoran yang cukup memadai disertai dengan dukungan sarana dan prasarana.

Pendekatan dari sudut efek koperasi

1. Produktivitas, Kospin JASA telah mampu berdiri kurang lebih selama 14 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa produktivitas Kospin JASA telah mampu untuk menggerakan roda perekonomian koperasi ini.
2. Efektivitas, koperasi ini mampu memenuhi kewajiban-kewajiban terhadap anggota-anggotanya.
3. Adil dalam melayani anggota-anggota, tanpa melakukan diskriminasi. Kospin JASA mengikutsertakan semua pihak dan golongan tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama.
4. Mantap, berjalannya pengkaderan dari kalangan tua yang memberikan kerpercyaaan / kesempatan kepada yang muda serta dukungan yang penuh dari masyarakat lingkungan dengan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s