Pendidikan Hak Bagi Semua Orang

Standar

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, tetapi sungguh disayangkan jika kehidupan rakyat Indonesia berada pada garis kemiskinan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan sangat diperlukan untuk menunjang masa depan, bahkan dengan pendidikan masyarakat bisa memperbaiki taraf hidup mereka. Bisa dikatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci untuk kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan kita diajarkan ketrampilan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendewasaan.

Berapa persen penduduk Indonesia yang mampu menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi? Jangankan perguruan tinggi, program wajib belajar sembilan tahun saja banyak rakyat Indonesia yang tidak mampu menuntaskannya. Hanya orang-orang dari kalangan menengah ke atas saja yang mampu menyekolahkan anak-anak mereka sampai perguruan tinggi. Sampai saat ini penduduk Indonesia yang buta huruf mencapai sekitar 4,7 %.

Untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dirasakan program wajib belajar Sembilan tahun sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas pada saat ini. Kebanyakan perusahaan-perusahaan hanya akan menerima karyawan dengan gelar minimal S1, lalu bagaimana nasib rakyat Indonesia yang tidak mampu melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang tersebut. Pastinya mereka hanya akan mendapatkan pekerjaan yang seadanya, atau kebanyakan dari mereka akan menjadi pengangguran, pengemis, atau gelandangan.

Memang sangat disayangkan anggaran pemerintah untuk pendidikan tidak terlalu besar dibandingkan dengan anggaran belanja yang lain. Tetapi semoga saja dengan adanya rencana pemerintah yang akan menaikan alokasi dana untuk dunia pendidikan, maka kecerdasan bangsa pun bisa ditingkatkan. Diperkirakan anggaran pemerintah untuk pendidikan pada tahun 2011 akan meningkat, yaitu sebesar Rp50,3 triliun. Dana tersebut rencananya akan dipergunakan untuk menaikan tunjangan guru yang mencapai 56%. Diharapkan dengan peningkatan kesejahteraan para guru, mereka akan menyediakan pelayanan pendidikan yang lebih baik pula.

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk meningkatkan daya jangkau dan daya tampung sekolah melalui kegiatan pembangunan sekolah baru dan penambahan ruang kelas baru. Selain itu,  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tetap diberikan  bagi  sekolah, madrasah, pesantren salafiyah, dan sekolah keagamaan non-Islam yang menyelenggarakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Anggaran pendidikan juga direncanakan untuk memberikan beasiswa bagi siswa miskin pada semua jenjang. Sehingga pendidikan bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dan tidak menutup kemungkinan semua orang bisa ikut serta dalam memajukan bangsa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s