Akankah Inflasi Terus Meningkat?

Standar

Semenjak krisis ekonomi yang terjadi tahun 1998, tingkat inflasi yang dialami bangsa Indonesia naik secara drastis. Tingkat inflasi saat itu mencapai 45,9% itu merupakan angka inflasi yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia. Nilai tukar rupiah menurun tajam, nilai tukar mencapai sekitar Rp. 14.000,- untuk 1 USD yang sebelumnya hanya berkisar Rp. 5.000,- pada awal tahun. Politik Indonesia pun sedang bergejolak yang mengakibatkan turunnya Presiden Soeharto dari jabatannya.

Bukan hanya Indonesia yang mengalami krisis, hampir seluruh dunia mengalaminya. Krisis global ini diduga disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan finansial yang tidak seimbang dengan perkembangan sektor riil. Akibatnya terjadi inflasi yang tak terkendali, hutang yang membengkak, dan tingkat suku bunga yang tinggi.

Sampai saat ini imbas dari krisis ekonomi masih bisa dirasakan. Harga-harga kebutuhan pokok naik, biaya sekolah tak terjangkau, home industry banyak yang gulung tikar, dan banyak perusahaan yang mengurangi karyawannya untuk memperkecil pengeluaran perusahaan. Hasilnya, angka kemiskinan pun meningkat.

Inflasi memang tidak mungkin bisa dihindari, tetapi sebisa mungkin angka inflasi ini ditekan agar tidak terus bergerak ke atas. Menurut Bank Indonesia inflasi pada bulan Januari 2011 mencapai 7,02% ini merupakan angka yang cukup tinggi. Pada pertengahan tahun 2009 sampai awal tahun 2010 angka inflasi relatif kecil yang hanya berkisar antara 2,41%-3,81% tetapi angka ini terus naik hingga sekarang mencapai 7,02%. Inflasi yang tertinggi selama tiga tahun terakhir terjadi pada tahun 2008 yaitu pada bulan September 2008 yang mencapai angka 12,14%.

Jangan heran kalau sekarang uang lima puluh ribu hanya cukup untuk biaya hidup 1-2 hari saja. Nilai tukar uang dengan barang-barang sudah tidak bernilai lagi. Uang 50 perak sekarang sudah hampir tidak berlaku lagi. Harga BBM tidak henti-hentinya naik, bahkan dikabarkan pemerintah akan menaikkannya. Biaya pendidikan pun tidak terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Hampir setiap hari pasti ada saja harga yang mengalami kenaikan, dan entah sampai kapan harga-harga kebutuhan pokok akan terus naik.

Akankah inflasi yang melanda Indonesia bisa segera teratasi? Semoga saja pemerintah segera mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatur kebijakan, agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh dengan baik atau mungkin dapat menekan angka inflasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s