Perhatian Pemerintah dalam Mengatasi Permasalahan Serikat Pekerja Pada Saat Ini

Standar

Tahun baru merupakan tahun yang penuh dengan harapan baru bagi kebanyakan orang. Di awal tahun ini pasti banyak keinginan yang ingin kita raih, mungkin salah satunya adalah perbaikan kondisi ekonomi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun baru berarti ada harapan akan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP). Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2011 diperkirakan tertinggi terjadi di Provinsi Papua Barat yang mengalami peningkatan sebesar 16,53 % dan di ikuti dengan DKI Jakarta. Kenaikan upah ini merupakan kenaikan yang terjadi akibat adanya inflasi yang setiap tahun selalu meningkat. Dengan adanya kenaikan UMP ini diharapkan bisa mencover kebutuhan hidup. Namun sering sekali kenaikan ini dirasakan tidak sesuai dengan kenaikan keubutuhan hidup sehari-hari. Tetapi paling tidak dengan adanya kenaikan UMP ini akan sedikit membantu mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh para pekerja.

Selain dengan adanya peningkatan UMP yang terjadi setiap tahun pemerintah diharapkan memberikan perhatian dalam bentuk lain juga. Mungkin perhatian ini bisa berupa adanya jaminan fasilitas yang wajib ada di suatu perusahaan. Seperti adanya jaminan kecelakaan kerja, kematian, pemeliharaan kesehatan, hari tuan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya jaminan ini diharapkan para pekerja akan terjamin hidupnya kelak. Fasilitas-fasilitas pendukung pun diperlukan untuk lebih menghargai jasa para pekerja, seperti fasilitas olah raga, jemputan karyawan, dan tempat ibadah.

Pemerintah juga melarang bagi perusahaan untuk memperkerjakan anak, namun ada situasi-situasi tertentu yang memperbolehkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Perlindungan yang sama juga diberikan kepada ibu hamil dan atau sedang menyusui, bahkan wanita yang sedang haid pada hari pertama dan hari kedua tidak diwajibkan untuk bekerja. Jam kerja pun telah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah, namun sering sekali terjadi pelanggaran jam kerja. Banyak perusahaan yang menetapkan peraturan tentang ketenaga kerjaan yang tidak sesuai dengan undang-undang yang telah diatur oleh pemerintah. Mungkin alasan utamanya adalah efisiensi waktu dan tenaga kerja, banyak perusahaan yang merasa dirugikan jika semua peraturan-peraturan pemerintah itu dijalankan.

Mungkin jika kita bekerja pada perusahaan-perusahaan berskala menengah ke atas kita masih merasa terlindungi hak-hak kita sebagai pekerja. Tetapi apakah peraturan-peraturan pemerintah ini juga berlaku bagi para pekerja di sektor menengah ke bawah. Kebanyakan dari mereka hanya bisa menerima nasib, mereka hanya bisa mengharapkan kebijaksanaan para majikannya. Pasti kita sering sekali mendengar para TKI disiksa oleh majikannya, mereka sering tidak mendapatkan hak mereka, dan mereka sering merasa tidak mendapat perhatian oleh pemerintah.

Semoga dengan adanya serikat pekerja, nasib para pekerja akan lebih baik dan para pekerja mendapat naungan perlindungan jika terjadi sesuatu yang buruk menimpa mereka. Semoga pemerintah akan terus memperhatikan kesejahteraan para pekerja, dan tidak memihak kepada para penguasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s