Trend Dalam Memulai Bisnis Kecil

Standar

Mungkin ini salah satu jawaban untuk mengatasi angka pengangguran yang semakin tinggi. Dengan kondisi ekonomi yang sedang kita alami, sungguh sulit jika kita ingin memperoleh pekerjaan. Untuk itu, saat ini dibutuhkan sekali jiwa entrepreneur. Sering sekali kita bingung mau usaha apa kita? Sebenarnya usaha itu yang dibutuhkan hanya action. Jika kita hanya terus-menerus mencari usaha yang tepat untuk kita jalankan tanpa ada tindakan nyata kita tidak akan tahu hasilnya. Mungkin bagi anda yang belum pernah atau akan memulai menjalankan suatu usaha, anda bisa mencoba bisnis kecil.

Langkah yang pertama dalam memulai bisnis kecil biasanya kita harus sesuaikan dengan modal yang ada. Anda tidak perlu khawatir jika modal yang anda miliki tidak banyak, anda juga tidak perlu memaksakan untuk mendapatkan modal yang besar. Sebab banyak sekali bisnis yang bisa kita jalankan dengan modal dengkul, mungkin itu istilah yang biasa kita dengar. Sebagai contoh, anda bisa mencoba bisnis online. Anda disini hanya dituntut untuk bisa memanfaatkan fasilitas internet yang ada. Apalagi kalau anda adalah orang yang senang berkutit di dunia maya, anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang. Menjamurnya bisnis ini menunjukkan bahwa bisnis ini menjanjikan jika kita mau serius terjun ke dalamnya. Selain bisnis online, anda bisa mencoba bisnis makanan kecil atau jajanan. Saya yakin semua orang pasti suka berwisata kuliner, anda bisa menciptakan trend makanan sendiri. Jika anda sama sekali tidak mempunyai modal untuk usaha, anda bisa menawarkan jasa anda untuk menjualkan produk milik orang lain atau sistem konsinyasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memakai sistem ini, karena ini berarti semua orang bisa membantu perusahaan tersebut untuk menjualkan produknya secara cuma-cuma.

Manfaatkan bakat atau keahlian yang anda miliki. Jika anda memiliki suara yang bagus, anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi penyanyi. Anda bisa menyanyi di kafe-kafe atau acara-acara musik untuk mempromosikan diri anda terlebih dahulu, ini bisa anda manfaatkan untuk menjadi batu loncatan. Jika anda orang yang selalu mendapat rangking satu, anda bisa manfaatkan kepandaian anda dengan menjadi guru les/private, anda tidak perlu modal yang besarkan untuk bisnis tersebut bukan? Apapun bakat anda, anda harus pandai-pandai untuk mengasahnya karena pasti terdapat peluang usaha didalamnya.

Buatlah jaringan bisnis. Dengan adanya banyak kenalan, teman, saudara, anda bisa membangun jaringan bisnis dengan mereka. Jaringan bisnis ini biasa dimanfaatkan oleh perusahaan sejenis multi level marketing untuk mengembangkan usaha mereka. Karena dengan semakin banyaknya jaringan, usaha mereka tidak akan terputus. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dalam jaringan bisnis ini.

Dalam menjalankan usaha, kita juga harus memperhatikan barang atau jasa yang kita tawarkan kepada masyarakat. Usahakan produk yang kita jual adalah produk yang aman dikonsumsi/dipakai, ramah lingkungan, harganya terjangkau, dan yang pasti harus kita sesuaikan dengan kebutuhan calon konsumen agar produk kita bisa diterima dengan baik. Selain dari segi produk yang kita jual, kita juga harus memperhatikan pelayanan kita terhadap konsumen. Karena pelayanan menentukan juga kelangsungan usaha kita. Jika konsumen merasa puas dengan pelayanan kita mereka akan kembali, bahkan tak jarang dari mereka akan ikut mempromosikan produk yang kita jual. Untuk mendukung bisnis yang kita jalankan, sangat dianjurkan untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh konsumen kita. Contohnya, kita bisa menyediakan fasilitas parkir, ATM, atau hot spoot.

Bisnis kecil adalah bisnis yang bisa dijalankan oleh siapa pun, dengan modal yang relatif kecil, bisa menyesuaikan dengan tempat dan kebutuhan yang ada. Sebenarnya pada intinya kita semua bisa menjalankan bisnis bisnis kecil, yang terpenting adalah kapan kita akan memulai mencobanya. Jangan pernah takut untuk gagal, karena jika anda mencobanya dan gagal, hal berharga yang anda dapat adalah pelajaran. Dengan adanya pelajaran kita akan tahu usaha mana yang cocok untuk kita dan kita akan tahu dimana letak kesalahan kita. Namun jika anda tidak mencobanya, anda tidak akan mendapatkan hasil apapun. Jadi, mulailah belajar berbisnis dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s